SELAMAT DATANG

Kamis, 30 Desember 2010

yukkkkk cari uang.................

Cara Menghasilkan Banyak Uang Paling Dahsyat Tahun Ini!

Bagaimana menghasilkan uang dari bisnis valas atau forex trading TANPA MODAL sama sekali.

YA BENAR! ANDA TIDAK SALAH LIHAT! Anda akan kami beri modal awal senilai $5 yang bisa anda kembangkan menjadi $10, $100, $1000 atau berapa saja, dan setelah berkembang maka Anda kami ijinkan mengambil semua keuntungan plus bonus $5 yang diberikan Gratis sebelumnya!

Daftar sekarang juga sebelum kehabisan jatah bonus, ini benar benar gratis dan akan menjadi revolusi keuangan anda! Bayangkan jika uang sudah bukan lagi masalah bagi Anda! Tentu anda akan bisa melakukan apapun dan kapanpun anda mau, berada di manapun yang anda mau, dan bersama siapapun yang anda inginkan!


PENTING:
Satu orang hanya boleh membuat Satu Account, dan BONUS HANYA DIBERIKAN SATU KALI SAJA. Jadi pastikan anda memasukkan data data yang benar sesuai KTP atau SIM sebab akan diminta scan KTP/SIM waktu penarikan dana.

Cara pendaftaran langkah demi langkah secara jelas bisa anda dapatkan pada artikel di bawah ini.

Rabu, Mei 26, 2010

Cara Mendaftar Marketiva Langkah Demi Langkah


Belajar Forex Trading Valas Secara Online itu mudah, mari saya tunjukkan langkah langkahnya.

A. Untuk membuka account trading forex gratis atau free, Silahkan isi form di SINI.
Dalam tiga menit anda sudah akan bisa langsung trading, Anda akan mendapatkan haridah $5 gratis dan uang virtual untuk berlatih trading sebesar $10.000.

Penting: Anda harus memasukkan data personal dengan benar, mulai dari Nama Lengkap, Alamat, Nomor Telepon, Kode Pos, Kota dan Negara. User yang memasukkan data palsu atau asal asalan maka akan dihapus otomatis oleh sistem. Setiap orang hanya boleh membuat 1 account saja, karena bila anda membuat lebih dari 1 account, maka anda akan diblok. Karena itu anda akan diwajibkan memasukkan data sebenar-benarnya sesuai ID card (KTP) atau Driving License (SIM), karena KTP atau SIM ini akan diminta upload nantinya.

Cara Mengisi Form Pendaftaran:
Untuk field dengan tanda bintang (*) harus Anda isi, yang lain boleh Anda kosongkan.
  1. Username (*): Gunakan username/nickname yang bagus, karena akan Anda gunakan untuk chatting dengan sesama trader, misalnya: traderfx, dsb.
  2. Password (*): Kata sandi anda, minimal 8 karakter gabungan huruf dan angka.
  3. First Name (*): Nama depan Anda
  4. Middle Initial: Nama tengah inisial Anda (1 karakter), kosongkan saja (jika anda tak memiliki nama tengah) atau masukkan nama tengah anda ke Last Name (jika anda memiliki nama tengah)
  5. Last Name (*): Nama belakang Anda, jika nama Anda hanya terdiri dari satu suku kata, masukkan nama Anda tersebut di field First Name dan Last Name. Contoh: jika nama Anda adalah Johny, maka masukkan First Name: Johny, Last Name: Johny.
  6. Job Title : Kosongkan saja jika nama di ID/KTP atau driving license/SIM anda tak ada gelar atau isikan Gelar ke kolom ini (jika ada gelar di ID/KTP atau driving license/SIM)
  7. Organization : Kosongkan
  8. Street Address (*): Alamat sesuai dengan ID/KTP atau driving license/SIM Anda.
  9. Additional Address : Kosongkan atau dapat anda isi alamat anda selain yang tercantum di ID/KTP atau driving license/SIM
  10. City (*): Kota Anda sesuai dengan ID/KTP atau driving license/SIM Anda
  11. Zip/Postal Code (*): Kode Pos
  12. State/Province (*): Propinsi misalnya Jawa Barat
  13. Country/Region (*): Negara
  14. Phone (*): Nomer Telpon
  15. Fax : Kosongkan
  16. Mobile : Kosongkan atau isi dengan nomer cellular phone anda
  17. E-mail (*): Alamat e-mail Anda (Harus masih aktif!)
  18. Website : Kosongkan atau isi dengan website anda
Klik tombol Continue =>
  1. User Template (*): Standar Forex Trader
  2. Coupon: Kosongkan bila tak ada orang yang mereferensikan anda (kupon bukan berarti diskon, tapi hanya untuk menandai bahwa anda downline seseorang)
  3. Recovery Question (*): Pertanyaan untuk memulihkan password anda jika lupa, contoh what is your pet's name? (Apa nama hewan peliharaan anda?)
  4. Recovery Answer (*): Jawaban dari pertanyaan Recovery di atas, contoh: Si Manis Jembatan Ancol, maka Isikankan Si Manis Jembatan Ancol apabila nama hewan kesayangan anda adalah Si Manis Jembatan Ancol, disarankan jawaban terdiri dari beberapa kata yang mudah anda ingat, tapi sulit ditebak oleh orang lain.
Klik tombol Next =>

Berilah tanda centang/check/tick pada pilihan:
I have read, understood, and agree with the Service Agreement under which Marketiva Corporation provides it services and products. I have also read and understood the Risk Disclosure statement and I am willing and able to assume such risks.

Setelah itu klik tombol Finish. Proses pendaftaran Anda telah selesai.

B. Untuk melakukan trading, anda membutuhkan Software Trading yang dapat didownload dari SINI
Setelah anda klik bisa memilih menu "save" dan pilih directory untuk menaruh file tersebut misalnya di Desktop. (Jangan menggunakan software / program download ataupun accelerator)

C. Sebaiknya anda melakukan identifikasi account/pengesahan setelah mendaftar.
Tidak HARUS langsung dan bisa menyusul kemudian, tapi jika anda menggunakan warnet / cyber cafe maka SEBELUM LOGIN ke software trading tersebut, sangat disarankan mengupload ID card (KTP) atau Driving License (SIM) agar tak disuspend atau bahkan dihapus account anda. Kecuali jika komputer tempat anda mendaftar tidak pernah digunakan user lain yang login ke software tradingnya.

Bila account anda tersuspend maka jangan membuat account baru karena percuma saja, account baru itu biasanya akan dihapus ataupun segera tersuspend. Jalan satu-satunya untuk mengaktifkan account yang TERSUSPEND adalah MENGUPLOAD dokumen anda.

Bagaimanapun kami sarankan anda sesegera mungkin melakukan identifikasi setelah mendaftar agar mendapat 2 keuntungan yaitu :
  1. Dapat menarik dana
  2. Bebas dari suspend/block bila trading di komputer yang pernah digunakan user lain)

Untuk proses identifikasi, yang diperlukan adalah

  1. Picture Identification: Berupa scan dokumen identitas yang berfoto,misalnya KTP atau SIM,dengan format JPEG berwarna (lebih disarankan) atau minimal greyscale/monochrome (bukan fotokopi!). Ukuran file maksimum 100 Kbyte per lembarnya.
  2. Identification confirming the customer's address: Berupa scan dokumen yang mencantumkan alamat anda, misalnya tagihan telepon,listrik,atau air. NB: Jika anda tidak mempunyai dokumen-dokumen di atas (point no 2),anda dapat hanya menggunakan scan identitas KTP saja.Caranya : Bagi anda yang memiliki KTP baru (dibelakangnya ada gambar peta), silahkan upload scan KTP halaman depannya dua kali sebagai point 1 sekaligus 2 di atas.Tapi bagi anda yang memiliki KTP format lama, bisa upload scan KTP halaman depan yang berfoto sebagai point 1 dan upload halaman belakang yang mencantumkan alamat sebagai point 2.

Silahkan klik di SINI untuk melakukan identifikasi

D. Untuk memulai trading, silahkan install software trading yang telah anda download tadi, login, lalu anda bisa memulai trading forex

E. Bila anda ingin menambah dana account trading anda (deposit), ada 2 cara yaitu:
1. Mata uang elektronik (e-currency)
2. Transfer bank (Telegraphic Transfer / Wire)

Untuk deposit dalam jumlah sedikit (kurang dari $500) lebih baik menggunakan e-currency (contoh webmoney, egold, ebullion, dan lain-lain) karena e-currency lebih ekonomis / murah bila anda deposit sedikit dan memerlukan waktu lebih singkat dalam proses depositnya.

Bagi anda yang memilih e-currency, kami menyarankan agar TIDAK MENGGUNAKAN:
  • E-gold (sedang bermasalah karena kasus banyaknya penyalahgunaan sebagai tempat pencucian uang)
  • E-bullion (seringkali membekukan account tanpa alasan jelas, sekalipun ada dana didalamnya).

Sebaiknya gunakan Liberty Reserve atau Webmoney. Kami menyarankan anda menggunakan Liberty Reserve bagi anda yang kurang mengerti komputer karena prosedur instalasi Webmoney lebih rumit dan perlu menginstall certificate (lebih cocok digunakan di komputer rumah/pribadi anda).
Silahkan mendaftar Liberty Reserve dengan cara klik di SINI

Untuk mendaftar di Webmoney, silahkan daftar di website www.wmtransfer.com (gunakan Webmoney Keeper LIGHT untuk kepraktisan dan kemudahan proses deposit, jangan menggunakan yang Keeper Classic!).

Tapi bila anda tak ingin repot, bisa menggunakan transfer antar bank (Telegraphic Transfer / Wire). Harap diingat bila anda ingin deposit dengan wire transfer HARUS sudah pernah melakukan identifikasi / verifikasi sesuai langkah nomer 3 di atas (cukup 1x). Setelah verifikasi anda bisa memulai deposit lewat wire atau Telegraphic Transfer dengan cara mengisi form deposit wire dulu.

Isi segala data bank anda termasuk no account bank anda yg anda gunakan mis alamat bank anda, no account, swift number,dll. Nantinya data ini akan dicocokkan sewaktu menerima transfer anda. Kemudian setelah itu baru anda bisa melakukan transfer dari bank anda ke bank kami. Jangan lupa sebutkan swift number (kode bank) kami kepada bank anda sewaktu melakukan transfer di bank.

F. Bila anda ingin deposit menggunakan Liberty Reserve, anda harus membeli Liberty Reserve dari exchanger (merchant jual beli e-currency). Jadi anda cukup mendaftar account di exchanger. Setelah mendaftar anda dapat membeli Liberty Reserve dengan cara transfer menggunakan internet banking ataupun transfer manual dari bank anda ke rekening bank exchanger (Pastikan exchanger anda terpecaya untuk memastikan dana anda aman, contoh: www.juraganegold.com tempat Jual Beli & Tukar E-Gold (EGold), Liberty Reserve, dan Webmoney.

G. Bila anda ingin deposit menggunakan webmoney (Pastikan anda menggunakan "Keeper Light", anda harus membeli webmoney dalam bentuk WMZ (webmoney USD) dari exchanger (merchant jual beli e-currency). Jadi anda cukup mendaftar account di exchanger. Setelah mendaftar anda dapat membeli WMZ dengan cara transfer menggunakan internet banking ataupun transfer manual dari bank anda ke rekening bank exchanger (Pastikan exchanger anda terpercaya untuk memastikan dana anda aman, contohnya : www.juraganegold.com - Jual Beli & Tukar E-Gold (EGold), Liberty Reserve, dan Webmoney).

Skema pembelian e-currency untuk deposit:
Anda bayar dalam bentuk Rp atau USD ke rekening bank Exchanger >> Exchanger mengirim e-currency ke rekening e-currency anda >> Dana masuk ke Rekening e-currency dalam bentuk e-currency (misal Liberty Reserve).

Skema penjualan e-currency untuk pencairan e-currency ke Rupiah atau USD:
Anda bayar dalam bentuk e-currency ke rekening e-currency Exchanger >> Exchanger mengirim RP atau USD ke rekening bank anda >> Dana masuk ke rekening bank anda dalam bentuk Rp atau USD

H. Jika anda telah LOGIN ke software trading dan masih tak mengerti (bingung) dapat menghubungi support yang ada untuk bertanya. Untuk bahasa Indonesia atau Malaysia silahkan klik di tombol "Groups" di sebelah atas dan klik di channel "International Support", kemudian klik OK. Ingat bukan channel "International".

Waktu trading forex menggunakan uang Real (LIVE) adalah mulai Senin pukul 4 pagi WIB (DST) / 5 pagi WIB (EST) hingga sabtu 4 pagi WIB (DST) / 5 pagi WIB (EST) (Bila menggunakan New York Time Zone adalah mulai 17.00 Minggu hingga 17.00 Jumat). Untuk trade menggunakan uang Demo (Virtual) adalah 7 hari seminggu.

Selasa, 28 Desember 2010

NEW PROCESOR INTEL

Jakarta – Intel telah mengumumkan jajaran prosesor dan chipset terbarunya. Hal itu dilakukan Intel dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2010, sebuah ajang tahunan yang digelar di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.
Jajaran prosesor terbaru yang diumumkan mencakup keluarga Intel Core i7, Core i5 dan Core i3. Selain itu, chipset yang diumumkan termasuk Chipset Intel Seri 5, Centrino terbaru dan juga chipset untuk Wimax 802.11n dengan fitur My WiFi.
Seperti dikutip detikINET dari keterangan tertulis yang diterima, Jumat (8/1/2010), jajaran prosesor terbaru yang diumumkan Intel ini telah menggunakan proses produksi 32 nanometer dan memakai transistor high-k metal gate generasi kedua. Artinya, jajaran prosesor terbaru itu dijanjikan akan lebih hemat energi dengan kemampuan yang lebih baik.
Selain itu, jajaran prosesor terbaru Intel ini telah memiliki kemampuan grafis terbenamkan di dalamnya. Sebelumnya jajaran ini dikenal dengan nama kode Clarksdale dan Arrandale.
Berikut adalah jajaran prosesor Intel terbaru untuk notebook:
* Intel Core i7-620M: 2.66 GHz; Grafis 500-766 MHz; Harga US$332
* Intel Core i5-540M: 2.53 GHz; Grafis 500-766 MHz; Harga US$257
* Intel Core i5-520M: 2.4 GHz; Grafis 500-766 MHz; Harga US$225
* Intel Core i5-430M: 2.26 GHz; Grafis 500-766 MHz
* Intel Core i3-350M: 2.26 GHz; Grafis 500-667 MHz
* Intel Core i3-330M: 2.13 GHz; Grafis 500-667 MHz
* Intel Core i7-640LM: 2.13 GHz; Grafis 266-566 MHz; Harga US$332
* Intel Core i7-620LM: 2.0 GHz; Grafis 266-566 MHz; Harga US$300
* Intel Core i7-640UM: 1.2 GHz; Grafis 166-500 MHz; Harga US$305
* Intel Core i7-620UM: 1.06 GHz; Grafis 166-500 MHz; Harga US$278
* Intel Core i5-520UM: 1.06 GHz; Grafis 166-500 MHz; Harga US$241
Sedangkan untuk Desktop adalah:
* Intel Core i5-670: 3.46 GHz; Grafis 733 MHz, Harga US$284
* Intel Core i5-661: 3.33 GHz; Grafis 900 MHz; Harga US$196
* Intel Core i5-660: 3.33 GHz; Grafis 733 MHz; Harga US$196
* Intel Core i5-650: 3.20 GHz; Grafis 733 MHz; Harga US$176
* Intel Core i3-540: 3.06 GHz; Grafis 733 MHZ; Harga US$133
* Intel Core i3-530: 2.93 GHz; Grafis 733 MHz; Harga US$113

Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan

Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan

Mengajar haruslah melibatkan otak kiri dan kanan siswanya. Jika tidak melibatkan kedua fungsi otak itu, ketidakseimbangan akan terjadi bagi diri siswa. Potensi salah satu otak itu akan lemah dan semakin lemah. Untuk itu, semua guru/dosen/trainer ketika mengajar haruslah menggunakan strategi pelibatan otak kiri dan kanan siswanya.


Otak manusia dibagi menjadi dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri dengan fungsi yang berbeda. Otak kanan diidentikkan tentang kreativitas, persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna, berpikir lateral, tidak terstruktur, dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail. Sedangkan otak kiri biasa diidentikkan dengan rapi, perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan, logika, terstruktur, analitis, matematis, sistematis, linear, dan tahap demi tahap.


Perbedaan teori fungsi otak kanan dan otak kiri telah populer sejak tahun 1960. Seorang peneliti bernama Roger Sperry menemukan bahwa otak manusia terdiri dari 2 hemisfer (bagian), yaitu otak kanan dan otak kiri yang mempunyai fungsi yang berbeda. Atas jasanya ini beliau mendapat hadiah Nobel pada tahun 1981. Selain itu dia juga menemukan bahwa pada saat otak kanan sedang bekerja maka otak kiri cenderung lebih tenang, demikian pula sebaliknya.



Otak kanan berfungsi dalam perkembangan EQ (Emotional Quotient), seperti hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory). Bila terjadi kerusakan otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi misalnya.



Otak kiri berfungsi sebagai pengendali IQ (Intelligence Quotient) seperti hal perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan dan logika. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika.



Walaupun keduanya mempunyai fungsi yang berbeda, tetapi setiap individu mempunyai kecenderungan untuk mengunakan salah satu belahan yang dominan dalam menyelesaikan masalah hidup dan pekerjaan. Setiap belahan otak saling mendominasi dalam aktivitas namun keduanya terlibat dalam hampir semua proses pemikiran.

Berdasarkan kekuatan fungsi masing-masing, berarti, kedua fungsi otak manusia itu sangat diperlukan dalam menghadapi hidup. Begitu pula, bagi siswa, pembiasaan penggunaan kedua fungsi otak itu sangat bermanfaat dalam perjalanan dirinya menuju kedewasaan. Dengan begitu, guru/dosen/Trainer dalam mengajar di kelas, metode apapun yang digunakan, sebaiknya berbasis otak kanan dan kiri.



Doug Hall mengatakan, dominasi kerja otak orang mempengaruhi kepribadian :

Si otak kanan : humoris, simple, menyenangkan, boros, lebih percaya intuisi, berantakan-kacau, ede = ekspresi diri, lebih memilih perasaan sebagai solusi masalah, suka bertualang, bermimpi besar, tukang sorak, “pelanggar aturan”, bebas, spontan.

Si otak kiri : serius, rumit, membosankan, hemat, lebih percayai fakta, rapi-terorganisir, ide = profitabilitas, lebih memilih keilmuan, hati-hati, berpengetahuan umum, pendukung diam, pembuat aturan, konservatif, mudah ditebak.




Kasus 1 :

Dr. Makoto Shichida, seorang spesialis perkembangan anak balita, dalam bukunya Right Brain Education in Infancy menjelaskan sebuah hasil studi di Nippon Medical Center oleh Prof. Shinagawa terhadap seorang anak yang bernama Yuka Hatano. Yuka Hatano adalah seorang juara dunia menghitung cepat, yang mampu menghitung 16 digit soal LEBIH CEPAT daripada kalkulator ! Ketika Yuka melakukan perhitungan tersebut, melalui PET scan terlihat bahwa yang mengendalikan fungsi otaknya adalah otak kanan bagian belakang. Di sekolah Shichida, saya (Shinagawa) melihat bagaimana anak-anak SD mampu membaca 1 jilid buku hanya dalam waktu 3-5 menit saja, dan dia tahu persis apa isi buku yg dibacanya. Menurutnya, dia seperti memotret atau men-dowload tiap-tiap halaman buku tsb, dan ketika ditanya, dia akan membuka tiap-tiap halaman bukunya di dalam otaknya untuk mencari jawabannya dengan cepat.




Kasus 2:

Para siswa SD, SMP, sampai SMA menggunakan mungkin sampai 6 jam waktunya belajar di sekolah dan PR per hari dan ikut les/bimbingan belajar. Mereka ini terfokus belajar dengan memanfaatkan otak kiri, misalnya mereka belajar matematika, fisika, kimia, biologi, sejarah, bahasa, dan lain-lain. Mereka ini diajarkan menggunakan logika dan belajar dengan cara yang runut (sekuensial). Amat jarang mereka belajar bagaimana menggunakan intuisi dan imajinasi.



Katakanlah mereka belajar di SD selama 6 tahun, di SMP selama 3 tahun, dan di SMA selama 3 tahun. Jadi selama 12 tahun, mereka rata-rata menggunakan waktu 6 jam per hari. Jika satu minggu mereka belajar selama 5 hari di sekolah. Dan ada 4 minggu per bulan, serta belajar efektif di sekolah selama 9 bulan per tahun, maka dari SD sampai SMA mereka belajar menggunakan otak kiri selama:

6 jam/hari x 5 hari/minggu x 4 minggu/bulan x 9 bulan/tahun x 12 tahun = 12.960 jam.


Pertanyaannya adalah berapa lama pola pembelajaran yang memanfaatkan otak kanan?


Mana yang dulu digunakan : Otak Kanan atau Otak Kiri?

Anda si Otak Ekstrem Kanan atau Si Ekstrem Otak Kiri atau Si Otak Seimbang? Mana dulu yang sebaiknya digunakan, Otak Kanan dulu baru Otak Kiri atau sebaliknya? Ingat cerita : bagaimana awalnya Archimides mengungkap tentang massa jenis? Mana dulu yang digunakan Archimides otak kanan atau otak kirinya? Bagaimana awalnya Newton mengungkap tentang gravitasi? Mana dulu yang digunakan Newton, otak kanan atau kiri? Bagaimana awalnya Einstein dengan teori relativitasnya? Mana dulu yang digunakan Einstein, otak kanan atau otak kiri? Atau ide menjual air di negeri yang penuh air (AQUA) oleh Tirto Utomo? Mana yang digunakan Tirto Utomo, otak kanan atau otak kirinya? Ketika dia menjual air minum 250 mm seharga Rp 500,00; sementara PDAM menjual air bersih seribu liter seharga Rp 2 ribu?




Ingat cerita George Eastment, pendiri Eastment Kodak, menyatakan bahwa merek "Kodak" yang melegenda itu, huruf "K", muncul secara intuitif. Sam Walton, pendiri Walt Mart, menggunakan intuisinya ketika mendirikan sebuah toko pada tahun 1962, kini dia memiliki 1.300 toko. John Mihalasky dan E Douglas Dean menemukan bahwa 80% CEO yang sukses memiliki intuisi di atas rata-rata.

Minggu, 19 Desember 2010

Hack Windows XP (SP2) Passwords

Hack Windows XP (SP2) Passwords

24 09 2006 Apakah anda pernah menggunakan komputer di Lab atau pinjam komputer teman atau bahkan menggunakan komputer di tempat umum? Nah, biasanya klo di Lab (berdasarkan pengalaman pribadi) komputer pasti di-password dan jika ingin masuk harus tanya dulu ke sang empunya. Nah, sekarang kita dapat melihat password dari komputer yang kita gunakan tanpa merestart komputer atau pun tanpa menginstall program apapun seperti Cain, L0pthCrack, dsb. Hanya dibutuhkan sedikit ‘kepercayaan’ untuk meminjam komputer (istilah kerennya social engineering) dan 2 buah program, yaitu pwdump6 dan john the ripper. Tapi klo kebetulan ada login umum dengan tipe administrator, itu namanya Hoki! ga perlu cape2 pinjam login teman lagi :-D .
Sebelumnya mungkin anda pernah mendapatkan tutorial mengenai cara menge-hack password user yang ada Windows XP atau NT menggunakan pwdump. Yup, mungkin tutorial ini akan mirip dengan bagaimana cara menge-hack Windows XP, terutama Windows XP SP2. Lalu apa bedanya dengan tutorial yang lain? Saat ini Windows XP SP2 (atau mungkin juga SP1, CMIIW), menggunakan Syskey untuk memproteksi agar HASH (tempat menyimpan password yang dienkripsi) tidak dapat dibaca dan didump menggunakan pwdump atau samdump. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan mengenai Syskey [1] :
Syskey is a Windows feature that adds an additional encryption layer to the password hashes stored in the SAM database. The main purpose of this feature is to deter ‘offline’ attack. In fact one of the most common ways to gather passwords is to copy the system SAM database and then use one of the many good password crackers to “recover” the passwords; of course physical access is almost always required. So with syskey the attacker needs to remove the additional encryption layer to get the password hashes.
Jika dulu mungkin di Windows NT atau XP (sebelum SP2), kita masih bisa menggunakan pwdump atau bahkan langsung dengan KaHT, maka untuk Windows XP SP2 cara tersebut tidak dapat digunakan lagi (mungkin lebih tepatnya, pwdump tersebut tidak dapat digunakan lagi). Nah disinilah letak perbedaan dengan tutorial sebelumnya. Jika sebelumnya kita menggunakan pwdump versi lama, maka sekarang digunakan pwdump6 yang dikembangkan oleh fizzgig and the foofus.net Team. Kalau baca README dari pwdump6 ini, maka pwdump6 adalah :
pwdump6 is a password hash dumper for Windows 2000 and later systems. It is capable of dumping LanMan and NTLM hashes as well as password hash histories. It is based on pwdump3e, and should be stable on XP SP2 and 2K3. If you have had LSASS crash on you using older tools, this should fix that.
A significantly modified version of pwdump3e, this program is able to extract NTLM and LanMan hashes from a Windows target, regardless of whether Syskey is turned on. It is also capable of displaying password histories if they are available. It outputs the data in L0phtcrack-compatible form, and can write to an output file
Oh iya, agar pwdumpd6 dapat dijalankan dan mendapatkan HASH file dibutuhkan account yang mempunyai akses setara dengan Administrator. Nah, oleh karena itu kita harus menjalankan sedikit social engineering. Bilang aja ketemen kita, klo mengakses workgroup, tapi ga bisa klo pake login biasa. Tapi tenang aja, biasanya secara default orang-orang kebanyakan mebuat user dengan tipe account Administrator. Atau gunakan berbagai macam cara, daya, upaya maupun rayuan agar kita bisa dapat login terlebih dulu.
Jika udah punya akses dengan login tipe adiministrator, cara selanjutnya adalah tinggal menjalankan pwdump6. Jika anda punya flashdisk, simpan dan bawa terus pwdump6 ini kemanapun ada pergi, siapa tahu berguna suatu saat.. :-D . Ok, langsung aja kita jalankan pwdump6 ini. Sebaiknya copy dulu pwdump6 ke Hardisk (jangan dijalankan dari flashdik). Sebelumnya downlod dulu pwdump6 ini dari sini atau download dari mirror situs saya disini.
1. Jalankan CMD (Run->cmd)
2. Jalankan pwdump6 seperti berikut (misalnya PwDump6 berada di folder D:\PwDump6)
D:\PwDump6>PwDump.exe -o pass.txt 127.0.0.1
pwdump6 Version 1.3.0 by fizzgig and the mighty group at foofus.net
Copyright 2006 foofus.net
This program is free software under the GNU
General Public License Version 2 (GNU GPL), you can redistribute it and/or
modify it under the terms of the GNU GPL, as published by the Free Software
Foundation. NO WARRANTY, EXPRESSED OR IMPLIED, IS GRANTED WITH THIS
PROGRAM. Please see the COPYING file included with this program
and the GNU GPL for further details.
Using pipe {C411BDE9-594E-47F4-99B5-E94ADF194A45}
Key length is 16
Completed.
3. Setelah itu akan didapatkan file pass.txt yang berisi daftar user dan password yang masih dienkripsi. Contohnya akan tampak seperti berikut :
ach:1003:2BFA42D08601B951ABD697149E2F5967:73098347042E9109FA584CE843018F4F:::
Administrator:500:934A4750EC9859B3EA397B0F6EC18E34:732BD09D6834DA4A5A30300A6A045BF8:::
coba:1004:FBE4F28EE205F0BA79999C25263AA9AA:A69C199A4DF77CD41FCA6EA916A93868:::
Guest:501:NO PASSWORD********************* :NO PASSWORD*********************:::
HelpAssistant:1000:B3D2AE56C93F27B43C4F8419B1A21E9B: DC3DBB258A10B0C7EA9D92133267B905:::
SUPPORT_388945a0:1002:NO PASSWORD*********************: DF1DB672DA1B5C045ECA2490CA753D3B:::
4. Yosh!! password sudah ditangan. Proses selanjutnya adalah menge-crack file pass.txt dengan bantuan John The Ripper. Sebaiknya simpan dulu file pass.txt ke USB atau upload ke tempat yang aman, karena proses cracking ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Berdasarkan pengalaman, kalau passwordnya tidak terlalu sulit ditebak seperti “adminkeren”, “qwerty123″, biasanya dibutuhkan waktu yang tidak terlalu lama untuk mengecracknya lewat John The Ripper. Tapi kalau password menggunakan kombinasi yang aneh-aneh seperti “P4ssW0rD”, “S03S4h”, dsb, biasanya membutuhkan waktu lama, bisa ditinggal tidur atau maen aja dulu. Ok, sekarang gini nih cara ngecraknya.
Download John The Ripper untuk Windows disini. Untuk komputer yang menggunakan Prosesor AMD, sebaiknya menggunakan “john-mmx.exe”. Atau bagi yang menggunakan intel atau AMD, dapat menggunakan “John-386.exe”. Sebelumnya copy file pass.txt ke dalam folder tempat “John-mmx.exe” atau “John-386.exe” berada (John171w\john1701\run). Setelah itu tinggal jalankan perintah berikut dan tunggu dengan sabar :
D:\john171w\john1701\run>john-mmx.exe pass.txt
Loaded 8 password hashes with no different salts (NT LM DES [64/64 BS MMX])
REN123 (Administrator:2)
TEBAK (coba:2)
ADMINKE (Administrator:1)
MUDAHDI (coba:1)
Yosh!! sekarang passwordnya sudah terlihat secara kasat mata. Jadi password untuk user “Administrator” adalah “adminkeren123″, diperoleh dari menggabungkan Administrator:2 dan Administrator:2.
Administrator:1+Administrator:2 = adminkeren123
Sedangkan untuk user “coba” adalah “mudahditebak”!!
Mudah bukan? Intinya sih tinggal ambil HASH file (password yang dienkripsi) menggunakan pwdump6 lalu crack hasilnya dengan John The Ripper.
Nah, sekarang kalau kita mau pakai komputer teman di Lab, ga usah cari2 orangnnya lagi. Tinggal pake aja langsung user Admin lagi, tapi jangan sampai ketahuan ama dia….. :-D Atau klo anda lupa password Administrator, tidak perlu mereboot komputer, lalu mereset password anda. Tinggal ikut langkah2 diatas aja!
Referensi :
[1]. http://studenti.unina.it/~ncuomo/syskey

Find double files or the same as using acdsee

Find double files or the same as using acdsee

Maybe it's a lot of software used to find double files or similar files on your computer. Having found these files will certainly discarded in order to reduce the remaining capacity of the hard drive is becoming increasingly narrow and small. But if you already have the software acdsee which is one of the software used for graphics such as editing images, photos, etc. like Adobe Photoshop, then by simply using this acdsee software you can search for multiple files or similar files that exist on your computer at once remove it if necessary without having to install any additional software. The way he is:
1. Open the program acdsee.
2. Select the TOOLS menu and select Find Duplicates Duplicates screen will display FINDER.
3. On the screen mark duplicates FINDER SOFTWARE INCLUDE checklist on if you want to find duplicate or similar files down to the sub-sub-folder.
4. Underneath there are two search options are:
a. Find Duplicates Within THIS LIST OF FILES selected if only want to look for files that exist in the file list of this first course.
b. Find Duplicates Within THESE FILES AND ANOTHER LIST. selected if you want to search for files that exist in the first file of this list as well as files that are in the second list.
5. Next masukanlah files that you want to search on ADD FILES or masukanlah folder in which there are files that you want to search on ADD Folders. (Here you can enter more than one file or more than one folder). If you already click the NEXT button.
6. Then you will be asked which of multiple files in your search.
7. If you choose option SAME FILENAME then file the file to be searched is a file file file name exactly the same.
8. However, if you choose option EXACT duplicate (identical FILES) then file the file to search is all duplicate files or similar, eg same size, although the name of the file is not exactly the same.
9. Click the NEXT button to go to the next step.
10. In this step a list of multiple files or similar files. If you choose one of these files (which is in the box at the top) then at the bottom of the box that will appear the same files that you select.
11. Put a checklist on the file files in the box below that you want to delete. If the file is selected it will appear the inscription DELETE FILE. That means the file is to be removed later.
12. Press the NEXT button again if you have selected the files you want to delete.
13. On the next screen you just press the FINISH button to delete the files that have been selected earlier.

Sejarah Perkembangan Media Penyimpan data

Sejarah Perkembangan Media Penyimpan data

Posted by agung pradana
Mar 9


Dijaman dahulu surat ataupun berkas berkas disimpan secara analog. Tetapi yang dimaksut media penyimpanan disini adalah secara digital. Yaitu dengan menggunakan komputer. Dewasa ini kita lebih sering mengenal Flash Disk, DVD disk, dan lain sebagainya. Tetapi di jaman dahulu media penyimpanan data menggunakan punch card hingga sekarang berkembang menjadi flash disk.


1. Punch Card
Sejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Namun pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 September 1884 oleh Herman Hollerith - sebuah penemuan yang digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970. Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan data namun menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.


2. Punch Tape
Seorang tokoh bernama Alexander Bain merupakan orang yang pertama kali mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram (tahun 1846). Setiap baris tape menampilkan satu karakter, namun karena Anda dapat membuat fanfold dengan mudah maka dapat menyimpan beberapa data secara signifikan menggunakan punch tape dibandingkan dengan punch card.

3. Selectron Tube
Pada tahun 1946 RCA mulai mengembagkan Selectron Tube yang merupakan awal format memori komputer dan Selectron Tube terbesar berukuran 10 inci yang dapat menyimpan 4096 bits Harga satu buah tabung sangat mahal dan umurnya sangat pendek di pasaran.


4. Magnetic Tape
Pada tahun 1950-an magnetic tape telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data. Saat sebuah rol magetic tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 punch card, membuat magnetic tape sangat populer sebagai cara menyimpan data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an.

5. Compact Cassette
Compact Cassette merupakan salah satu bagian dari Magnetic Tape, dikarenakan sudah banyak dari kita yang telah memilikinya, hal itu menjadi bagian yang khusus. Compact Cassette diperkenalkan oleh Philips pada tahun 1963, namun tidak sampai tahun 1970 menjadi populer. Komputer, seperti ZX Spectrum, Commodore 64 dan Amstrad CPC menggunakan kaset untuk menyimpan data. Standar 90 menit Compact Cassette dapat menyimpan sekitar 700kB hingga 1MB dari data tiap sisinya. Jika disetarakan dengan DVD, maka data dalam Compact Cassette dapat dijalankan selama 281 hari.


6. Magnetic Drum
Magnetic DrumMagnetic Drum memiliki panjang 16 inci yang bekerja 12.500 putaran tiap menit. Media ini digunakan untuk menunjang komputer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari Memori Utama.


7. Floppy Disk
Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB. Empat tahun kemudian, floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB. Selain itu, memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut juga Zip disk.

8. World’s first hard drive
Tanggal 13 September 1956, komputer IBM 305 RAMA dalam kondisi tidak terselubungi. Komputer tidak mengalami perubahan sejak dapat menyimpan data sekitar 4.4 MB (setara dengan 5 milyar karakter) - saat itu sudah menjadi hal yang menakjubkan. Data tersimpan dalam 50 buah Magnetic Diks yang berukuran 24 inci. Lebih dari 1000 sistim dibangun dan diproduksi pada akhir tahun 1961. IBM mengeluarkan seharga $3,200 per bulan untuk memproduksi komputer.

9. Hard drive
Hard drive masih diproduksi di bawah pengembangan yang tetap (konstan). Hitachi Deskstar 7K yang Anda lihat pada gambar di bawah adalah hard drive pertama kali yang dapat menyimpan data 500GB – setara dengan 120.000 World’s first hard drive IBM 305 RAMAC. Hal ini cenderung tiap tahun kita dapat memperoleh drive yang dapat menyimpan data secara cepat dengan harga murah.



10. Laser Disk
Tahun 1958, Laser Disk ditemukan namun tidak sampai tahun 1972 untuk pertama kalinya Video Disk didemonstrasikan kepada publik. Enam tahun kemudian, yaitu tahun 1978, sudah tersedia di beberapa pasaran. Hal yang tidak mungkin menyimpan data pada disk, namun mereka dapat menyimpan data dalam bentuk video dan gambar secara signifikan dengan kualitas tinggi lebih canggih dari teknik pada VHS.


11. Compact Disk
Compact DiskCompact disk muncul bermula dari penemuan Laser Disk, namun berukuran lebih kecil. Dikembangkan oleh kerjasama antara SONY dan Philips pada tahun 1979 dan Compact Disk sangat berlimpah di pasaran pada tahun 1982. Sekarang tipe CD dapat menyimpan data sebesar 700MB.


12. DVD
DVD (Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc) merupakan dasar dari CD menggunakan teknologi laser yang berbeda. Panjang gelombang laser menggunakan 780nm sinar inframerah (standar CD menggunakan 625 nm hingga 650nm sinar inframerah) yang membuatnya memungkinkan menyimpan data pada space yang sama. Dua lapisan DVD dapat menyimpan data sebesar 8.5 GB.


Ada beberapa media penyimpanan data modern seperti kartu memori (memory card), kita tidak memiliki hal semacam itu, namun dalam perkembangan masa depan ada kemungkinan me-launching Blu-Ray dan HD DVD - persaingan dua format sebagai pengganti compact disc yang dapat menyimpan data lebih banyak.
Apa yang akan Anda ucapkan jika suatu saat memiliki Holographic Versatile Disc (HVD) yang dapat menyimpan data 160 kali lebih banyak dari Blu-Ray Disc. Kemampuan menyimpa data hingga 3.9 TB (Tera Byte) dalam sebuah disk atau secara dengan 4.600 - 11.900 jam menjalankan video menggunakan MPEG4.
(dikutip dengan perubahan)

Sabtu, 18 Desember 2010

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Perubahan lingkungan luar dunia pendidikan, mulai lingkungan sosial, ekonomi, teknologi, sampai politik mengharuskan dunia pendidikan memikirkan kembali bagaimana perubahan tersebut mempengaruhinya sebagai sebuah institusi sosial dan bagaimana harus berinteraksi dengan perubahan tersebut. Salah satu perubahan lingkungan yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan adalah hadirnya teknologi informasi (TI).
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan – perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia
(SDM) TIK, mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan kemampuan TIK para pimpinan di lembaga pemerintahan, pendidikan, perusahaan, UKM (usaha kecil menengah) dan LSM. Sehingga pada akhirnya akan dihasilkan output yang sangat bermanfaat baik bagi manusia sebagai individu itu sendiri maupun bagi semua sektor kehidupan (Pikiran Rakyat, 2005:Mei).
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke “on line” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut (Rosenberg, 2001).
1.2. Rumusan Masalah
Kegiatan pembelajaran yang efektif memerlukan suatu media yang mendukung penyerapan informasi sebanyak-banyakanya. Seiring dengan perkembangan jaman, maka teknologi informasi berperan penting sebagai sarana untuk mendapatkan sumber informasi sebanyak-banyaknya yang berhubungan dengan materi pelajaran yang diajarkan.
1.3. Tujuan
Makalah ini bertujuan untuk mengetahui peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan, serta pengaruh teknologi informasi dalam menghasilkan keluaran peserta didik yang bermutu dan modern.
BAB II
KAJIAN
2.1 Teknologi Dan Hubungannya Dengan Metodologi Pembelajaran
Kata teknologi sering dipahami oleh orang awam sebagai sesuatu yang
berupa mesin atau hal-hal yang berkaitan dengan permesinan, namun
sesungguhnya teknologi pendidikan memiliki makna yang lebih luas, karena
teknologi pendidikan merupakan perpaduan dari unsur manusia, mesin, ide,
prosedur, dan pengelolaannya (Hoba, 1977) kemudian pengertian tersebut akan
lebih jelas dengan pengertian bahwa pada hakikatnya teknologi adalah penerapan
dari ilmu atau pengetahuan lain yang terorganisir ke dalam tugas-tugas praktis
(Galbraith, 1977). Keberadaan teknologi harus dimaknai sebagai upaya untuk
meningkatkan efektivitas dan efisiensi dan teknologi tidak dapat dipisahkan dari
masalah, sebab teknologi lahir dan dikembangkan untuk memecahkan
permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Berkaitan dengan hal tersebut, maka
teknologi pendidikan juga dapat dipandang sebagai suatu produk dan proses
(Sadiman, 1993). Sebagai suatu produk teknologi pendidikan mudah dipahami
karena sifatnya lebih konkrit seperti radio, televisi, proyektor, OHP dan sebagainya.
Sebagai sebuah proses teknologi pendidikan bersifat abstrak. Dalam hal
ini teknologi pendidikan bisa dipahami sebagai sesuatu proses yang kompleks, dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk
menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan,melaksanakan,menilai, dan mengelola pemecahan masalah tersebut yang mencakup semua aspek belajar manusia. (AECT, 1977). Sejalan dengan hal tersebut, maka lahirnya teknologi pendidikan lahir dari adanya permasalahan dalam pendidikan.Permasalahan pendidikan yang mencuat saat ini, meliputi pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, peningkatan mutu / kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan. Permasalahan serius yang masih dirasakan oleh pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi adalah masalah kualitas, tentu saja ini dapat di pecahkan melalui pendekatan teknologi pendidikan.
Terdapat tiga prinsip dasar dalam teknologi pendidikan sebagai acuan
dalam pengembangan dan pemanfaatannya, yaitu : pendekatan sistem,
berorientasi pada mahasiswa, dan pemanfaatan sumber belajar (Sadiman,
1984:44).
Prinsip pendekatan sistem berarti bahwa penyelenggaraan pendidikan dan
pembelajaran perlu diseain / perancangan dengan menggunakan pendekatan
sistem. Dalam merancang pembelajaran diperlukan langkah-llangkah prosedural
meliputi : identifikasi masalah, analisis keadaan, identifikasi tujuan, pengelolaan
pembelajaran, penetapan metode, penetapan media evaluasi pembelajaran (IDI
model, 1989) . Prinsip berorientasi pada mahasiswa beratri bahwa dalam
pembelajaran hendaknya memusatkan perhatiannya pada peserta didik dengan
memperhatikan karakteristik,minat, potensi dari mahasiswa. Prinsip pemanfaatan
sumber belajar berarti dalam pembelajaran mahasiswa hendaknya dapat
memanfaatkan sumber belajar untuk mengakses pengetahuan dan keterampilan
yang dibutuhkannya.Satu hal lagi lagi bahwa teknologi pendidikan adalah satu
bidang yang menekankan pada aspek belajar mahasiswa. Keberhasilan
pembelajaran yang dilakukan dalam satu kegiatan pendidiakan adalah bagaimana
mahasiswa dapat belajar, dengan cara mengidentifikasi, mengembangkan,
mengorganisasi, serta menggunakan segala macam sumber belajar. Dengan
demikian upaya pemecahan masalah dalam pendekatan teknologi pendidikan
adalah dengan mendayagunakan sumber belajar. Hal ini sesuai dengan ditandai
dengan pengubahan istilah dari teknologi pendidikan menjadi teknologi
pembelajaran. Dalam definisi teknologi pembelajaran dinyatakan bahwa ”
teknologi pendidikan adalah teori dan praktek dalam hal desain, pengembanga
2.2 Peran Teknologi Informasi Dalam Modernisasi Pendidikan
Menurut Resnick (2002) ada tiga hal penting yang harus dipikirkan ulang terkait dengan modernisasi pendidikan: (1) bagaimana kita belajar (how people learn); (2) apa yang kita pelajari (what people learn); dan (3) kapan dan dimana kita belajar (where and when people learn). Dengan mencermati jawaban atas ketiga pertanyaan ini, dan potensi TI yang bisa dimanfaatkan seperti telah diuraikan sebelumnya, maka peran TI dalam moderninasi pendidikan bangsa dapat dirumuskan.
Pertanyaan pertama, bagaimana kita belajar, terkait dengan metode atau model 3 pembelajaran. Cara berinteraksi antara guru dengan siswa sangat menentukan model pembelajaran. Terkait dengan ini, menurut Pannen (2005), saat ini terjadi perubahan paradigma pembelajaran terkait dengan ketergantungan terhadap guru dan peran guru dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran seharusnya tidak 100% bergantung kepada guru lagi (instructor dependent) tetapi lebih banyak terpusat kepada siswa (student-centered learning atau instructor independent). Guru juga tidak lagi dijadikan satu-satunya rujukan semua pengetahuan tetapi lebih sebagai fasilitator atau konsultan.
Peranan yang bisa dilakukan TI dalam model pembelajaran ini sangat jelas. Hadirnya e-learning dengan semua variasi tingkatannya telah memfasilitasi perubahan ini. Secara umum, e-learning dapat didefinisikan sebagai pembelajaran yang disampaikan melalui semua media elektronik termasuk, Internet, intranet, extranet, satelit, audio/video tape, TV interaktif, dan CD ROM (Govindasamy, 2002). Menurut Kirkpatrick (2001), e-learning telah mendorong demokratisasi pengajaran dan proses pembelajaran dengan memberikan kendali yang lebih besar dalam pembelajaran kepada siswa. Hal ini sangat sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pendidikan nasional seperti termaktub dalam Pasal 4 Undang-
Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa “pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa”.
Secara umum, peranan e-learning dalam proses pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi dua: komplementer dan substitusi. Yang pertama mengandaikan bahwa cara pembelajaran dengan pertemuan tatap-muka masih berjalan tetapi ditambah dengan model interaksi berbantuan TI, sedang yang kedua sebagian besar proses pembelajaran dilakukan berbantuan TI. Saat ini, regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah juga telah memfasilitasi pemanfaatan e-learning sebagai substitusi proses pembelajaran konvensional. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 107/U/2001 dengan jelas membuka koridor untuk menyelenggarakan pendidikan jarak jauh di mana e-learning dapat masuk memainkan peran.
2.3 Pengembangan Teknologi Sebagai Bahan Ajar
Bahan ajar dalam pendidikan teknologi dikembangkan atas dasar INCLUDEPICTURE "http://www.infodiknas.com/wp-includes/images/smilies/icon_sad.gif" \* MERGEFORMATINET 1)pokok-pokok bahasan yang paling essensial dan representatif untuk dijadikan objek belajar bagi pencapaian tujuan pendidikan, dan (2)pokok bahasan,konsep, serta prinsip atau mode of inquery sebagai objek belajar yang memungkinkan peserta didik dapat mengembangkan dan memiliki hubungan untuk berkembang, mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkugan, dan memanfaatkannya untuk memecahkan masalah-masalah yang tidak teramalkan (Soedjiarto 2000:19-51)
Atasa dasar landasan pemikiran tersebut, maka ruang lingkup kajian pendidikan teknologi yang dikembangkan dapat mencakup sebagai berikut :
Pilar teknologi, yaitu aspek-aspek yang diproses untuk menghasilkan sesuatu produk teknologi yang merupakan bahan ajar tentang materi/bahan, energi, dan informasi
Domain teknologi, yaitu suatu fokus bahan kajian yang digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan bahan pelajaran yang terdiri atas INCLUDEPICTURE "http://www.infodiknas.com/wp-includes/images/smilies/icon_sad.gif" \* MERGEFORMATINET 1)teknologi dan masyarakat (berintikan teknologi untuk kehidupan sehari-hari,industri,profesi, dan lingkungan hidup) (2) produk teknologi dan sistem (berintikan bahan,energi, dan sistem),dan (3)perancangan dan pembuatan karya teknologi (berintikan gambar dan perancangan, pembuatan dan kaji ulang perancangan)
Area teknologi, yaitu batas kawasan teknologi dalam program pendidikan teknologi, hal ini antara lain teknologi produksi, teknologi komunikasi, teknologi energi, dan bioteknologi
Teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi (Tony Bates, 1995). Alisjahbana I. (1966) mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan nantinya akan bersifat “Saat itu juga (Just on Time)”.
Teknik pengajaran baru akan bersifat dua arah, kolaboratif, dan inter-disipliner. Apapun namanya, dalam era informasi, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga jagad ini menjadi suatu dusun semesta atau “Global village”. Sehingga sering kita dengar istilah “jarak sudah mati” atau “distance is dead” Romiszowski & Mason (1996) memprediksi penggunaan “Computer-based Multimedia Communication (CMC)” yang bersifat sinkron dan asinkron. makin lama makin nyata kebenarannya. Dari ramalan dan pandangan para cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif.
2.4 Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu (1) Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keungan dan sebagainya.(2) Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, ilmu komputer. dalam pembelajaran di sekolah sesuai kurikulum 2006 terdapat mata pelajaran TIK sebagai ilmu pengetahuan yang harus dikuasi siswa semua kompetensinya. (3) Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy). dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini komputer telah diprogram sedemikian rupa sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan menggunakan prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai : fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator.
Disinilah peran dan fungsi teknologi informasi untuk menghilangkan
berkembangnya sel dua, tiga dan empat berkembang di banyak institusi pendidikan yaitu dengan cara:(1) Meminimalisir kelemahan internal dengan mengadakan perkenalan teknologi informasi global dengan alat teknologi informasi itu sendiri (radio, televisi, computer )(2) Mengembangkan teknologi informasi menjangkau seluruh daerah dengan teknologi informasi itu sendiri (Wireless Network connection, LAN ), dan (3) Pengembangan warga institusi pendidikan menjadi masyarakat berbasis teknologi informasi agar dapat terdampingan dengan teknologi informasi melalui alat-alat teknologi informasi.
Peran dan fungsi teknologi informasi dalam konteks yang lebih luas, yaitu dalam manajemen dunia pendidikan, berdasar studi tentang tujuan pemanfaatan TI di dunia pendidikan terkemuka di Amerika, Alavi dan Gallupe (2003) menemukan beberapa tujuan pemanfaatan TI, yaitu (1) memperbaiki
competitive positioning; (2) meningkatkan brand image; (3) meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran; (4) meningkatkan kepuasan siswa; (5) meningkatkan pendapatan; (6) memperluas basis siswa; (7)
meningkatkan kualitas pelayanan; (8)mengurangi biaya operasi; dan (9) mengembangkan produk dan layanan baru. Karenanya, tidak mengherankan jika saat ini banyak institusi pendidikan di Indonesia yang berlombalomba berinvestasi dalam bidang TI untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat. Maka dari itu untuk memenangkan pendidikan yang bermutu maka disolusikan untuk memposisikan institusi pendidikan pada sel satu yaitu lingkungan peluang yang menguntungkan dan kekuatan internal yang kuat.
2.5 Faktor-Faktor Pendukung Teknologi Informasi Dalam Pendidikan
Teknologi informasi yang merupakan bahan pokok dari e-learning itu sendiri berperan dalam menciptakan pelayanan yang cepat, akurat, teratur, akuntabel dan terpecaya.Dalam rangka mencapai tujuan tersebut maka ada beberapa factor yang mempengaruhi teknologi informasi yaitu:(1)Infrastruktur
(2)Sumber Daya Manusia (3)Kebijakan (4)Finansial, dan (5)Konten dan Aplikasi (Soekartawi,2003).
Maksud dari faktor diatas adalah agar teknologi informasi dapat berkembang dengan pesat ,pertama dibutuhkan infrastruktur yang memungkinkan akses informasi di manapun dengan kecepatan yang mencukupi.
Kedua, faktor SDM menuntut ketersediaan human brain yang menguasai teknologi tinggi. Ketiga, faktor kebijakan menuntut adanya kebijakan berskala makro dan mikro yang berpihak pada pengembangan teknologi informasi jangka panjang. Keempat, faktor finansial membutuhkan adanya sikap positif dari bank dan lembaga keuangan lain untuk menyokong industri teknologi informasi. Kelima, faktor konten dan aplikasi menuntut adanya informasi yang disampai pada orang, tempat, dan waktu yang tepat serta ketersediaan aplikasi untuk menyampaikan konten tersebut dengan nyaman pada penggunanya.
E-learning yang merupakan salah satu produk teknologi informasi tentu juga memiliki faktor pendukung dalam terciptanya pendidikan yang bermutu, adapun faktor-faktor tersebut; Pertama, harus ada kebijakan sebagai payung yang antara lain mencakup sistem pembiayaan dan arah pengembangan.
Kedua, pengembangan isi atau materi, misalnya kurikulum harus berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Dengan demikian, nantinya yang dikembangkan tak sebatas operasional atau latihan penggunaan komputer.
Ketiga, persiapan tenaga pengajar, dan terakhir, penyediaan perangkat
kerasnya (Soekartawi,2003).
Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversiiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika (Mason R. 1994)
Bishop G. (1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya (Bishop G. 1989). Mason R. (1994) berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan (Mason R. 1994).
2.6 Masalah Dan Hambatan Dalam Penggunaan Teknologi Informasi
Seperti teknologi lain yang telah hadir ke muka bumi ini, TI juga hadir dengan dialektika. Selain membawa banyak potensi manfaat, kehadiran TI juga dapat membawa masalah. Khususnya Internet, penyebaran informasi yang tidak mungkin terkendalikan telah membuka akses terhadap informasi yang tidak bermanfaat dan merusak moral. Karenanya, penyiapan etika siswa juga perlu dilakukan. Etika yang terinternalinasi dalam jiwa siswa adalah firewall
terkuat dalam menghadang serangan informasi yang tidak berguna.
Masalah lain yang muncul terkait asimetri akses; akses yang tidak merata. Hal ini akan menjadikan kesenjangan digital (digital divide) semakin lebar antara siswa atau sekolah dengan dukungan sumberdaya yang kuat dengan siswa atau sekolah dengan sumberdaya yang terbatas (lihat juga Lie, 2004). Survei yang dilakukan oleh penulis pada Mei 2005 di tiga kota/kabupaten di Propinsi DI Yogyakarta terhadap 298 siswa dari 6 buah SMU yang berbeda menunjukkan bahwa akses terhadap komputer dan Internet di daerah kota (i.e. Kota Yogyakarta) jauh lebih baik dibandingkan dengan daerah pinggiran (i.e. Kabupaten Bantul dan Gunungkidul). Jika hanya sekolah swasta yang dianalisis, kesenjangan ini menjadi sangat tinggi. Akses siswa SMU swasta di Kota Yogyakarta terhadap komputer
dan Internet secara signifikan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan siswa SMU swasta di Kabupaten Bantul dan Gunungkidul. Minimal, hal ini memberikan sinyal adanya kesenjangan digital antar kelompok dalam masyarakat, baik dikategorikan menurut lokasi geografis maupun tingkat ekonomi.
Data Departemen Pendidikan Nasional menunjukkan bahwa sebanyak 90% SMU dan 95% SMK telah memiliki komputer. Namun demikian, kurang dari 25% SMU dan 10% SMK yang telah terhubungan dengan Internet Mohandas, 2003). Di tingkat perguruan tinggi, data Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi – dalam Pannen (2005) – menunjukkan bahwa kesadaran dalam pemanfaatan TI dalam proses pembelajaran masih sangat rendah. Analisis terhadap proposal teaching grant, baru 29,69% yang memanfatkan media berbasis teknologi komputer. Ketersedian media berbasis teknologi informasi juga masih terbatas. Hanya 15,54% perguruan tinggi negeri (PTN) dan 16,09% perguruan tinggi swasta (PTS) yang memiliki ketersediaan media berbasis teknologi informasi. Sekitar 16,65% mahasiswa dan 14,59% dosen yang mempunyai akses terhadap teknologi informasi. Hasil survei yang melihat pemanfaatan TI pada tahun 2004 menunjukkan bahwa baru 17,01% PTN, 15,44% PTS, 9,65% dosen, dan 16,17% mahasiswayang memanfaatkan TI dengan baik. Secara keseluruhan statistik ini menunjukkan bahwa adopsi TI dalam dunia pendidikan di Indonesia masih rendah (Mohandas, 2003).
Tulisan singkat ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait dengan (a) bagaimana seharusnya kita memandang TI, termasuk potensi apa yang ditawarkan oleh TI; dan (b) bagaimana peran TI dalam modernisasi/reformasi pendidikan.Untuk masalah kesenjangan ini, semua pihak (e.g. pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dunia pendidikan, dan industri) dapat mulai memikirkan program untuk meningkatkan dan memeratakan aksesterhadap teknologi informasi di dunia pendidikan. Program yang difasilitasi oleh Sekolah2000 (www.sekolah2000.or.id) dengan membagikan komputer layak pakai ke sekolah-sekolah adalah sebuah contoh menarik. Tentu saja program seperti ini harus diikuti dengan penyiapan infrastruktur lain seperti listrik dan
telepon. Pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan melek (literacy) TI juga pintu masuk lain yang perlu dipikirkan untuk meningkatkan pemahaman terhadap potensi TI, yang pada akhirnya diharapkan meningkatkan kesadaran (awareness). Tanpa awareness, pemanfaatan TI tidak optimal, dan yang lebih mengkhawatirkan lagi sulit untuk berkelanjutan (sustainable). Dalah kaitan ini, program untuk peningkatan awareness yang berkelanjutan seperti pendidikan berkelanjutan lewat berbagai media (e.g. pelatihan konvensional dan media massa) dan lomba website sekolah (seperti yang diadakan oleh Sekolah2000 setiap tahun) merupakan sebuah alternatif yang perlu dipikirkan (www.sekolah200.co.id)

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan
media teknologi pendidikan, yaitu dengan cara mencari dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam belajar kemudian dicarikan pemecahannya melalui aplikasi Teknologi Informasi yang sesuai.Upaya pemecahan permasalahan pendidikan terutama masalah yang berhubungan dengan kualitas pembelajaran, dapat ditempuh dengan cara penggunaan berbagai sumber belajar dan penggunaan media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu dalam meningkatkan kadar hasil belajar peserta didik. Teknologi informasi digunakan sebagai media untuk mempermudah pencarian informasi tersebut.
3.1 Saran
Teknologi informasi merupakan salah satu media yang efektif dalam kegiatan pembelajaran. Namun dalam penggunaanya harus sesuai dengan tujuan pembelajaran karena sering terjadi penyalahgunaan dalam penggunaan teknologi informasi.

Senin, 13 Desember 2010



Pertama-tama sorry kalo repost karena teknik ini bukanlah teknik yang fresh di dunia hacking tapi teknik ini belum basi karena sampai saat ini masih dapat digunakan karena sebagian besar jaringan meggunakan jaringan hub & switch yang tidak terenkripsi.
Mengapa tidak terenkripsi?

  • Network Admin sebagian besar adalah orang IT yang specialist dalam membuat program, bukan dalam Network Security
  • Bila dienkripsi bandwidth yang dibuthkan akan meningkat dan tentu inet yang sudah lemot ini akan semakin lemot dan akhirnya page error
  • Harganya tidak murah untuk memperoleh yang terenkripsi
Pada jaringan hub semua data yang mengalir di jaringan dapat dilihat/diambil oleh komputer manapun yang ada di jaringan asalakan komputer tersebut merequest data tersebut, kalo tidak direquest ya tidak akan datang.
Pada jaringan switch hanya komputer yang melakukan pertukaran data yang dapat melihat data tersebut, komputer2 lain tidak berhak merequest data tersebut
Masalahnya adalah harga dari router hub dan switch tidak berbeda jauh sehingga kebanyakan tempat sekarang sudah menggunakan metode switch yang menyulitkan untuk network hacking.
Hacking ini menggunakan teknik :
  • Sniffing
  • ARP Poison Routing
Kedua Teknik di atas tidak akan bisa dicegah oleh firewall apapun di komputer korban, dijamin.
Important Note: ARP Poison Routing dapat meyebabkan denial of service (dos) pada salah satu atau semua komputer pada network anda,

Kelebihan:
  • Tidak akan terdeteksi oleh firewall tipe dan seri apapun karena kelemahannya terletak pada sistem jaringan bukan pada komputernya
  • Bisa mencuri semua jenis login password yang melalui server HTTP
  • Bisa mencuri semua login password orang yang ada di jaringan Hub selama program diaktifkan
  • Untuk ARP Poisoning bisa digunakan untuk mencuri password di HTTPS
  • Semua programnya free
Kekurangan:
  • Untuk jaringan Switch harus di ARP poisoning 1 persatu dan bandwidth anda akan termakan banyak untuk hal itu (kalo inet super cepat ga masalah)
  • Ketahuan atau tidak oleh admin jaringan di luar tanggung jawab saya
Mulai dari sini anggap bahwa di network dalam kisah ini ada 3 komputer, yaitu:
  • Komputer Korban
  • Komputer Hacker
  • Server
Perbedaan-perbedaan antara jaringan switch dan jaringan hub:
Langkah-langkah pertama:

  • Cek tipe jaringan anda, anda ada di jaringan switch / hub. Jika anda berada di jaringan hub bersyukurlah karena proses hacking anda akan jauh lebih mudah.
  • Download program-program yang dibutuhkan yaitu Wireshark dan Cain&Abel.
untuk download klik di sini :
  1. http://www.wireshark.org/download.html
  2. http://www.oxid.it/cain.html
Cara Menggunakan WireShark:
  • Jalankan program wireshark
  • Tekan tombol Ctrl+k (klik capture lalu option)
  • Pastikan isi pada Interfacenya adalah Ethernet Card anda yang menuju ke jaringan, bila bukan ganti dan pastikan pula bahwa “Capture packets in promiscuous mode” on
  • Klik tombol start
  • Klik tombol stop setelah anda merasa yakin bahwa ada password yang masuk selama anda menekan tombol start
  • Anda bisa melihat semua jenis packet yang masuk dan keluar di jaringan (atau pada komputer anda saja jika network anda menggunakan Swtich
  • Untuk menganalisis datanya klik kanan pada data yang ingin di analisis lalu klik “Follow TCP Stream” dan selamat menganalisis paketnya (saya tidak akan menjelaskan caranya karena saya tidak bisa )
  • Yang jelas dari data itu pasti di dalamnya terdapat informasi2 yang dimasukkan korban ke website dan sebaliknya
Cara di atas hanya berlaku apabila jaringan anda adalah Hub bukan switch
Dari cara di atas anda dapat mengetahui bahwa jaringan anda adalah hub/switch dengan melihat pada kolom IP Source dan IP Destination. Bila pada setiap baris salah satu dari keduanya merupakan ip anda maka dapat dipastikan jaringan anda adalah jaringan switch, bila tidak ya berarti sebaliknya.

Cara Menggunakan Cain&Abel:
  • Penggunaan program ini jauh lebih mudah dan simple daripada menggunakan wireshark, tetapi bila anda menginginkan semua packet yang sudah keluar dan masuk disarankan anda menggunakan program wireshark
  • Buka program Cain anda
  • Klik pada bagian configure
  • Pada bagian “Sniffer” pilih ethernet card yang akan anda gunakan
  • Pada bagian “HTTP Fields” anda harus menambahkan username fields dan password fields nya apabila yang anda inginkan tidak ada di daftar.
Sebagai contoh saya akan beritahukan bahwa kalo anda mau hack password Friendster anda harus menambahkan di username fields dan passworsd fields kata name, untuk yang lain anda bisa mencarinya dengan menekan klik kanan view source dan anda harus mencari variabel input dari login dan password website tersebut. Yang sudah ada di defaultnya rasanyan sudah cukup lengkap, anda dapat mencuri pass yang ada di klubmentari tanpa menambah apapun.
  • Setelah itu apply settingannya dan klik ok
  • Di menu utama terdapat 8 tab, dan yang akan dibahas hanya 1 tab yaitu tab “Sniffer” karena itu pilih lah tab tersebut dan jangan pindah2 dari tab tersebut untuk mencegah kebingungan anda sendiri
  • Aktifkan Sniffer dengan cara klik tombol sniffer yang ada di atas tab2 tersebut, carilah tombol yang tulisannya “Start/Stop Sniffer”
  • Bila anda ada di jaringan hub saat ini anda sudah bisa mengetahui password yang masuk dengan cara klik tab (Kali ini tab yang ada di bawah bukan yang di tengah, yang ditengah sudah tidak usah diklik-klik lagi) “Passwords”
  • Anda tinggal memilih password dari koneksi mana yang ingin anda lihat akan sudah terdaftar di sana
  • Bila anda ternyata ada di jaringan switch, ini membutuhkan perjuangan lebih, anda harus mengaktifkan APR yang tombolonya ada di sebelah kanan Sniffer (Dan ini tidak dijamin berhasil karena manage dari switch jauh lebih lengkap&secure dari hub)
  • Sebelum diaktifkan pada tab sniffer yang bagian bawah pilih APR
  • Akan terlihat 2 buah list yang masih kosong, klik list kosong bagian atas kemudian klik tombol “+” (Bentuknya seperti itu) yang ada di jajaran tombol sniffer APR dll
  • Akan ada 2 buah field yang berisi semua host yang ada di jaringan anda
  • Hubungkan antara alamat ip korban dan alamat ip gateway server (untuk mengetahui alamat gateway server klik start pada komp anda pilih run ketik cmd lalu ketik ipconfig pada command prompt)
  • Setelah itu baru aktifkan APR, dan semua data dari komp korban ke server dapat anda lihat dengan cara yang sama.
  • Anda dapat menjalankan kedua program di atas secara bersamaan (Cain untuk APR dan wireshark untuk packet sniffing) bila ingin hasil yang lebih maksimal.
Password yang bisa anda curi adalah password yang ada di server HTTP (server yang tidak terenkripsi), bila data tersebut ada di server yang terenkripsi maka anda harus mendekripsi data tersebut sebelum memperoleh passwordnya (dan itu akan membutuhkan langkah2 yang jauh lebih panjang dari cara hack ini)

Senin, 06 Desember 2010

komputer

www.aaluphny.co.cc


BAB I
Pendahuluan
    Latar belakang
Dalam era globalisasi dewasa ini perkembangan Teknologi Informasi semakin menunjukan kemajuan. Bukan hanya dinegara maju seperti Amerika saja, tetapi dinegara-negara berkembang juga sudah terlihat kemajuannya dalam bidang Teknologi Informasi.
Bahkan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat sekarang ini memberi dampak positif dalam segala bidang, termasuk dalam bidang musik. Salah satunya adalah trend penggunaan software untuk mensimulasi keyboard synthesizer yang pernah ada atau bahkan menciptakan synthesizer yang belum pernah ada sebelumnya.
Soft-synth adalah singkatan dari software synthesizer yaitu synthesizer dalam bentuk software sehingga kita seperti mempunyai keyboard atau sound module baru tanpa harus membeli keyboard synthesizer versi hardware maka dari itu kita tidak membutuhkan terlalu banyak biaya untuk sekedar mempunyai keyboard synthesizer untuk menunjang bermusik kita cukup menpunyai computer yang terdapat aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan untuk sound recording.
Kebanyakan para pengguna belum sepenuhnya mengerti tentang spek-spek computer yang harus dimiliki sebuah computer untuk menjalankan sebuah aplikasi tertentu. Maka dari itu makalah ini dibuat untuk panduan merancang sebuah computer dengan spek yang dapat menunjang computer tersebut untuk merecord music seperti yang kita inginkan. Supaya kita bisa mendapatkan hasil yang maksimsal dan kita tidak harus mengeluarkan banyak biaya, kita cukup mempunyai spek-spek computer yang dibutuhkan dalam merancang computer recording.

Rumusan Masalah
Apa saja yang dibutuhkan dalam merancang sebuah computer recording?
Mengapa perancangan computer recording lebuh disarankan dari pada menggunakan keyboard synthesizer biasa?
Tujuan
Mencari solusi untuk perancangan computer dengan spek-spek tertentu.
Untuk menghemat biaya daripada dengan menggunakan keyboard synthesize biasa yang lebih mahal harga yang harus dikeluarkan.
Manfaat
Pengguna dapat menghemat biaya sepersekian dari harga keyboard synthesizer biasa dengan menggunakan computer recording ini.
Pengguna mendapatkan lebih banyak tambahan sound baru yang biasanya dapat didownload melalui internet atau dapat dibeli dalam bentuk CD, artinya jumlah soundnya tidak terbatas.













Penentuan Konfigurasi Komputer
Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.

Pengamanan
Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:
Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.
Aturan perakitan
Berikut adalah tindakan-tindakan yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, karena hal yang sepele jika tidak diperhatikan terkadang dapat menyebabkan kesalahan yang fatal pada komponen computer anda.
Pakai alas kaki pada saat bekerja.
Dengan memakai alas kaki Anda dapat terhindar apabila ada alur listrik yang mengalir. Meskipun kecil, aliran listrik tersebut dapat mengejutkan Anda.
Pastikan pencahayaannya baik.
Pencahayaan ini dumaksudkan untuk mempermudah memasang komponen-komponen yang kecil agar tidak terjadi kekeliruan.
Jangan terlebih dahulu mengkoneksikan listrik ke computer pada saat masih dalam perakitan.
Ini sangat berbahaya, karena dimungkinkan aliran listrik dapat menyengat Anda saat perakitan.
Pisahkan komponen-komponen yang kecil, khususnya baut atau skrup.
Sebagian dari sekrup ini memiliki ulir yang berbeda. Sekrup tutup casing yang biasanya berulir besar, dapat merusak  lubang sekrup untuk ukuran yang lebih kecil (misalnya lubang sekrup untuk harddisk atau motherboard). Sebelum menyalakan computer, periksalah apakah masih terdapat  sekrup-sekrup atau panel-panel penutup casing yang masih belum terpasang. Kesalahan pemasangan dapat menimbulkan hubungan singkat pada saat booting.

Jangan melakukan pemaksaan saat pemasangan komponen komputer.
Biasanya, semua komponen dalam computer seperti prosessor, graphic card, sound card, memori dan sebagainya dapat dipasang ke dalam soketnya dengan mudah. Jika tidak, jangan memaksa memasangnya ke soket. Hindari penekanan komponen yang sulit dipasang. Lebih baik periksa apa yang menghambat pemasangan komponen atau apakah anda sudah memasangnya dengan benar. Jika perlu konsultasikan terlebih  dahulu dengan teknisi atau orang yang lebih berpengalaman

Perakitan
Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:
Penyiapan motherboard
Memasang Prosessor
Memasang heatsink
Memasang Modul Memori
memasang Motherboard pada Casing
Memasang Power Supply
Memasang Kabel Motherboard dan Casing
Memasang Drive
Memasang card Adapter
Penyelesaian Akhir


Komponen Perangkat Keras
Hard Drive atau Hard disk
Terkadang susah menemukan hard disk merek yang sesuai spek. Namun yang terpenting gunakan hard disk dengan speed minimal 7.200rpm atau yang benar adalah 10.000rpm. Sama sekali buruk untuk speed hardisk 5.400rpm. Sangat penting dengan speed tinggi karena waktu recording disk berputar terus dan ini memerlukan kecepatan tinggi untuk akurasi penerimaan dan penulisan input. Meminimalis delay atau waktu tunda. Misal waktu jreng gitar seketika sudah diterima oleh software recording.



Mouse
Koneksi mouse lebih baik menggunakan port PS bukan dari port USB karena akan mempengaruhi kinerja software terutama masalah dengan delay atau dalam recording dikenal dengan Latency.
Monitor
Pilihlah monitor dengan resolusi tinggi. Sekarang sudah ada monitor LCD dengan harga terjangkau. Juga akan lebih aman untuk mata kalau kerja dalam jangka waktu yang lama.
Sound card
  
Sound card (kartu audio) adalah suatu kartu audio komputer yang memudahkan input dan output suatu hasil yang diharapkan di bawah kendali program komputer. Fungsi dari kartu audio ini meliputi menyediakan komponen audio untuk multimedia aplikasi seperti komposisi musik, mengedit video atau audio, presentation/education, dan game.
VGA
Terkadang dalam recording kita memerlukan dua monitor untuk melihat aplikasi yang sedang dijalankan. Kalau memang perlu dua monitor maka pilihlah VGA dengan dual port sehingga bisa digunakan untuk 2 monitor di saat yang sama.
RAM
Memory RAM yang digunakan dalam penyusunan computer perekam atau computer recording minimal adalah RAM 2GB DDR.
    
Optical Drive
Untuk mendapat hasil yang maksimal dalam mencapai hasil yang diinginkan pada computer recording biasanya memakai Optical Drive jenis Liteon DVD Rw

Sistem Pendingin
Ini terdapat pada sistem adaptor listrik dan pada sistem processor. Pada PC rumahan biasanya ada suara gemuruh di dalam cashing komputer. Usahakan mencari fan/kipas pendingin ini yang low noise alias tidak ribut karena akan mengganggu konsentrasi kerja anda pada saat mixing dan mastering. Karena sebenarnya anda sedang bekerja apakah noise atau desis datang dari track. Kalau komputer sendiri sudah ribut maka menjengkelkan waktu anda mulai pada pekerjaan mixing ini. Mengganggu sekali! Merek rekomendasi adalah merek Zalman.
Batterai Back Up/UPS
Sangat penting untuk menggunakan UPS pada komputer karena kalau listrik tiba-tiba padam maka akan memicu kerusakan pada sistem dan juga hardware.
Speaker
Speaker atau sering disebut speaker monitor dalam dunia recording berbeda dengan speaker rumahan atau speaker komputer yang umum. Speaker komputer biasa dirancang untuk mendengarkan lagu sudah jadi. Sudah melalui proses mastering dan mixing. Atau kita mengenalnya sebagai Hi Fi. Tetapi monitor dalam recording kita memerlukan speaker yang disebut dengan speaker Flat. Dan ini harganya memang cukup mahal dan makin kelas makin mahal. Biasanya ini adalah speaker aktif. Merek mulai Samson sampai ke JBL.
  Headphone
Pekerjaan merekam adalah pekerjaan memandang dan mendengar. Di saat mulai mendengarkan maka kebutuhan akan headphone menjadi sangat penting karena pada saat mixing dan mastering kita akan mengatur balance suara dari setiap track. Ingin mengatur tingkat volume, stereo dan bahkan surround masing-masing instrumen. Investasikanlah uang anda pada headphone yang memadai agar telinga anda selamat dari gangguan penurunan pendengaran. Merek rekomendasi adalah Sennheiser.


























Bab III
Bahan dan Alat
3.1 bahan dan Alat
Proses penyusunan laporan ini membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak dengan klasifikasi sebagai berikut :
Perangkat Keras (Hardware) :
PROCESSOR :  Intel Core 2 Quad 2.8GHz/1333MHz
RAM :  2GB DDR (minimal)
Hard Drive :  Seagate 160GB(untuk sistem C) & 250GB(untuk data) SATA
Optical Drive :  Liteon DVD Rw
VGA :  GeForce 8400GS (minimal)
Ports :  2xFire wire dan 2xUSB 2.0
Sound card :
Perangkat Lunak (Software) :
Operating System (OS) : Windows Vista atau Windows XP

Peralatan Pendukung
Untuk mempermudah pekerjaan perakitan, maka kita membutuhkan peralatan-peralatan sebagai berikut.
Tang
Obeng
Pinset, untuk memindah atau mencabut jumper yang diperlukan.
Gelang anti statis, berfungsi untuk meredam listrik statis yang ada pada tubuh.
Buku manual, sebagai petunjuk pelengkap pelaksanaan perakitan.

Bab IV
Pembahasan

4.1 Aturan perakitan
Berikut adalah tindakan-tindakan yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, karena hal yang sepele jika tidak diperhatikan terkadang dapat menyebabkan kesalahan yang fatal pada komponen computer anda.
Pakai alas kaki pada saat bekerja.
Dengan memakai alas kaki Anda dapat terhindar apabila ada alur listrik yang mengalir. Meskipun kecil, aliran listrik tersebut dapat mengejutkan Anda.
Pastikan pencahayaannya baik.
Pencahayaan ini dumaksudkan untuk mempermudah memasang komponen-komponen yang kecil agar tidak terjadi kekeliruan.
Jangan terlebih dahulu mengkoneksikan listrik ke computer pada saat masih dalam perakitan.
Ini sangat berbahaya, karena dimungkinkan aliran listrik dapat menyengat Anda saat perakitan.
Pisahkan komponen-komponen yang kecil, khususnya baut atau skrup.
Sebagian dari sekrup ini memiliki ulir yang berbeda. Sekrup tutup casing yang biasanya berulir besar, dapat merusak  lubang sekrup untuk ukuran yang lebih kecil (misalnya lubang sekrup untuk harddisk atau motherboard). Sebelum menyalakan computer, periksalah apakah masih terdapat  sekrup-sekrup atau panel-panel penutup casing yang masih belum terpasang. Kesalahan pemasangan dapat menimbulkan hubungan singkat pada saat booting.
Jangan melakukan pemaksaan saat pemasangan komponen komputer.
Biasanya, semua komponen dalam computer seperti prosessor, graphic card, sound card, memori dan sebagainya dapat dipasang ke dalam soketnya dengan mudah. Jika tidak, jangan memaksa memasangnya ke soket. Hindari penekanan komponen yang sulit dipasang. Lebih baik periksa apa yang menghambat pemasangan komponen atau apakah anda sudah memasangnya dengan benar. Jika perlu konsultasikan terlebih  dahulu dengan teknisi atau orang yang lebih berpengalaman.

4.2  Langkah-langkah perakitan computer recording
Langkah-langakah atau tata cara perakitan komputer recording tidak jauh beda dengan tata cara perakitan computer biasa. Berikut adalah langkah-langkah perakitan computer recording. :
1 . Menyiapkan Tempat atau Lokasi untuk Computer Recording
Cari tempat yang tepat untuk menaruh komputer, karena apabila tempat atau lokasi untuk computer recording ini tidak di persiapkan dengan matang maka bisa dimungkinkan terjadi kekacauan dalam penataan ruangan recording itu sendiri.
2 . Menyiapkan Motherboard
Buka buku manual dan baca dengan teliti tentang konfigurasi jumper dan konektor motherboard tersebut. Ada beberapa tipe motherboard yang bisa langsung dipakai dan dijalankan tanpa pengaturan jumper dan konektor secara khusus, tetapi ada juga motherboard yang memerlukan pengaturan khusus.
Jika ternyata motherboard memerlukan pengaturan khusus, aturlah konfigurasi jumper sesuai dengan prosessor  dan RAM 2GB DDR yang nantinya akan anda pasang. Biasanya yang perlu diatur adalah frekuensi dan multiplier. Frekuensi diatur untuk prosessor dan RAM 2GB DDR, sedangkan multiplier biasanya dikunci pada badan prosessor untuk menghindari overclocking yang biasa dilakukan para pemakai.
Perhatikan socket prosessor pada motherboard. Buka tuas penguncinya untuk melanjutkan ke pemasangan prosessor. Tuas tersebut dapat dibuka dengan cara menarik ujung tuas tersebut kea rah atas dan hamper membentuk 90 derajat dan tegak lurus dengan motherboard. Setelah tuas dibuka, kita akan melanjutkan langkah berikutnya dengan memasang prosessor.
3 . Memasang Prosessor Intel Core 2 Quad 2.8GHz/1333MHz
Ambil dan perhatikan prosessor Anda. Cek dengan socket prosessor pada motherboard. Lihat bahwa produsen memberi tanda adanya kaki-kaki yang patah pada prosessor dan lubang-lubang yang berkurang pada socket agar pemasangan komponen ini tidak terbalik.
Masukkan kaki-kaki prosessor ke dalam lubang-lubang socket tersebut dengan tepat sampai seluruh kaki terssebut masuk ke dalam lubang socket. Jika ada sesuatu yang menghambat, jangan dipaksakan. Lebih baik lepas kembali prosessor untuk melihat apa yang terjadi.
Setelah prosessor terpasang dan seluruh kakinya masuk, kancingkan kembali tuas pengunci ke posisi semula.
4 . Memasang Heatsink Prosessor
Heatsink berfungsi untuk pengaturan suhu prosessor agar dapat stabil dan tidak cepat panas. Beberapa heatsink dilengkapi dengan kipas untuk lebih dapat mengoptimalkan fungsinya. Perhatikan beberapa langkah pemasangan sebagai berikut.
Akan lebih baik, jika sebelum heatsink dipasang, pada chipmprosessor di berikan thermal paste. Thermal paste ini digunakan untuk membantu kontak antara permukaan chip prosessor dengan heatsink di bawah kipas. Pasta penghantar panas tersebut akan memperbaiki kontak CPU dengan kipas sehingga suhu prosessor akan lebih terjaga.
Sebelum melakukan pemasangan, perhatikan posisi kabel daya untuk kipas dengan lokasi konektor dayanya. Cari jarak terpendek agar konektor daya tidak bersinggungan dengan kipas.
Biasanya pada socket sudah memiliki pengait untuk bingkai heatsink. Cocokkan bingkai atau pengait tersebut dengan heatsink dan pasang heatsink dengan benar.
Sambungkan kabel daya kipas prosessor tersebut ke motherboard. Konektor data untuk kipas biasanya memiliki tiga pin dan disampingnya tertulis fan. Denga langkah ini, pemasangan heatsink telah dilakukan dengan baik.
Untuk kipas pada computer, hendaknya cari kipas low noise alias tidak ribut karena akan mengganggu konsentrasi kerja anda pada saat mixing dan mastering
5 . Memasang RAM 2GB DDR
Untuk dapat memasang RAM 2GB DDR dengan tepat, perhatikan langkah-langkah sebagai berikut.
Agar tidak terbalik dalam pemasangan RAM, biasanya disediakan satu atau lebih cekungan sebagai tanda yang sesuai dengan slot lokasi pemasangan.
Masukkan RAM pada slotnya dengan berpedoman pada tanda cekungan yang diberikan, tekan dengan kuat dan kemudian kunci ujung-ujung RAM dengan pengunci yang disediakan.
Memasang sound card
Untuk memasang Sound Card cukup mudah, Anda tinggal memasang Sound Card pada slot yang tersedia kemudian memasang mur skrup pada tempat tersedia.
7 . Menyiapkan casing dan memasukkan motherboard
Untuk memudahkan pemasangan, dari langkah 1 s/d langkah 6, pekerjaan dilakukan diluar casing. Setelah prosessor, heatsink, memori terpasang pada motherboard, kita bisa bisa melanjutkan memasukkan motherboard ke dalam casing. Hal ini dikarenakan untuk pekerjaan perakitan selanjutnya, komponen-komponen yang dipasang akan bersentuhan langsung dengan casing seperti main kartu grafis, harddisk, Liteon DVD Rw dan sebagainya.
Selanjutnya untuk memasukkan motherboard ke dalam casing, lakukan langkah-langkah berikut ini.
Persiapkan casing terlebih dahulu. Buka penutupnya dan cocokkan motherboard dengan dudukannya yang ada pada casing.
Masukkan motherboard ke casing dan atur penempatan pada kaki-kaki yan telah ada. Posisikan lubang sekrup pada lokasi yang tepat dan letakkan motherboard dengan berhati-hati.
Pastikan kaki-kaki tersebut akan mendukung motherboard anda di bagian yang membutuhkan tekanan kuat pada saat pemasangan komponen-komponen lain yang belum terpasang, atau ketika kita menekan kabel-kabel konektor nantinya.
Jika sudah yakin, masukkan sekerup dan gunakan obeng untuk mempermudah pekerjaan anda.
7 . Memasang Harddisk
Siapkan harddisk dan kabel IDE yang akan menghubungkan harddisk dengan motherboard. Untuk pemasangannya, lakukan langkah-langkah sebagai berikut.
Ambil kabel IDE ATA. Kabel IDE untuk harddisk adalah kabel 80 wire. Perhatikan tekik yang ada pada kabel tersebut, dan cocokkan dengan tanda yang ada pada motherboard. Dengan teknik tersebut, maka pemasangan kabel IDE ke motherboard diharapkan tidak akan terbalik.
Pasang kabel tersebut ke motherboard dengan hati-hati. Jika ada sesuatu yang menghambat, jangan dipaksa untuk terus memasukkan kabel. Bila perlu lepas dan perhatikan baik-baik. Mungkin kabel anda terbalik.
Ambil harddisk dan perhatikan jumpernya. Informasi tentang pemasangan jumper, biasanya ditemukan di bagian permukaan harddisk. Terdapat pilihan Master, Sleave atau cable select. Untuk kasus ini, pilih model pemasangan Master atau Cable select pada jumpernya. Gunakan bantuan pinset untuk mencabut dan memasang kembali jumper tersebut.
Kemudian pasang harddisk ke dalam lokasi yang disediakan pada casing. Yakinkan bahwa anda tidak salah dalam menggunakan sekerup untuk memasang harddisk tersebut, karena salah mengambil sekerup yang terlalu besar (misalnya sekerup untuk casing), akan dapat menyebabkan tegangan kontak yang bisa merusak harddisk anda.
Setelah pemasangan harddisk selesai, hubungan kabel daya dari power supply ke konektor daya yang ada pada harddisk. Pemasangan kabel ini tidak mungkin terbalik karena sudah dirancang sedemikian rupa oleh produsennya.
Selanjutnya pasang kabel IDE yang menghubungkan motherboard dengan harddisk. Perhatikan posisi garis merah pada kabel yang menandakan posisi nomor satu. Garis merah pada kabel dipasang bersebelahan dengan kabel daya yang telah dipasang terlebih dahulu.
8 . Memasang Optical Drive
Langkah pemasangan DVD Drive ini sebenarnya hamper sama dengan pemasangan floppy drive sebagai berikut .
Lepaskan panel dibagian depan casing dengan cara yang sama seperti pada saat anda melepaskan panel floppy drive. Hanya saja ukuran panel untuk DVD Drive lebih besar dari pada ukuran panel untuk floppy drive.
Setelah panel dilepaskan, masukkan DVD Drive ke dalam panel tersebut sampai bagian depan DVD rata dengan casing computer.
Memasang kabel-kabel yang berhubungan dengan DVD Drive ini. Ada tiga kabel yang akan dipasang yaitu kabel data untuk menghubungkan DVD Drive tersebut ke motherboard, kabel daya untuk memberikan daya listrik dari power supply, serta kabel audio untuk mendengarkan DVD Audio dari drive tersebut.
9 . Mengecek dan Memasang Kabel-kabel Daya
Berikutnya kita akan memasang kabel-kabel daya yang terdapat pada motherboard. Banyak sekali kabel daya yang keluar dari power supply dan masing-masing digunakan untuk memberikan daya listrik pada komponen yang berbeda-beda. Pasang kabel daya yang belum terpasang dan cek kembali kabel daya yang sudah dipasang pada langkah-langkah sebelumnya tadi. Secara umum, power supply mengeluarkan beberapa jenis kabel daya sebagai berikut.
Kabel daya untuk motherboard, berukuran paling besar dibandingkan dengan kabel-kabel daya yang lain. Cari konektor kabel ini pada motherboard. Biasanya konektor tersebut diletakkan di samping prosessor. Pemasangan juga tidak mungkin terbalik karena sudah ada tanda khusus yang dirancang oleh produsennya.
Kabel  daya untuk prosessor, berbentuk segi empat kecil dengan empat lubang konektor di dalamnya. Kabel ini berfungsi untuk memberi daya pada prosessor dan biasanya dipasang di samping prosessor. Cari konektor yang sesuai di dekat prosessor.
Kabel daya untuk harddisk, berbentuk lebih besar dari pada kabel daya floppy dan dipasang di sampping kabel data pada harddisk.
Kabel daya untuk DVD Drive, berbentuk sama seperti halnya kabel daya untuk harddisk dan dipasang pada konektor di samping kabel data DVD Drive.
10 . Memasang Kabel Casing
Setelah langkah 9 selesai dilaksanakan, maka semua komponen-komponen dalam motherboard dan kabel-kabel daya yang ada pada komponen-komponen tersebut telah terpasang. Cek sekali lagi untuk meyakinkan bahwa anda telah memasangkannya dengan baik. Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah memasang kabel casing. Yang dimaksud kabel casing disini adalah kabel yang menghubungkan motherboard dengan casing. Kabel-kabel ini diantaranya adalah kabel konektor untuk power casing, kabel konektor untuk tombol reset, konektor untuk LED IDE dan konektor untuk speaker.
11 . Memasang Komponen Lain
Pada langkah ini agak sedikit berbeda dengan computer-komputer pada umumnya, karena pada langkah ini computer pada umunya tidak terlalu mementingkan spesifikasi perangkar luar lain, sedangkan pada computer recordiong ini dibutuhkan perangkat pendukung yang maksomal agar perekaman dapat berjalan dan medapat hasil yang maksimal.
Setelah anda yakin bahwa pada bagian dalam casing yang berisi motherboard dan semua komponen telah tertata dengan baik dan terpasang dengan benar, maka langkah berikutnya kita akan memasang komponen-komponen di luar casing yang berhubungan dengan computer recording. Komponen-komponen eksternal tersebut seperti hanya monitor, mouse, keyboard, printer, sound, head phone dan sebagainya.
Letakkan peralatan-peralatan eksternal tersebut pada jarak jangkau antara kabel peralatan dengan casing computer. Setelah itu pasang satu per satu mulai kabel keyboard, mouse, monitor dan seterusnya.
Jangan lupa Anda disarankan membeli headphone yang baik agar pada saat mixing dan mastering anda dapat mendengar dengan jelas dan akhirnya dapat menhasilkan hasil atau keluaran yang maksimal.
12 . menginstal perangakat lunak
Terlebih dahulu seperti computer-komputer pada umumnya, instalasi pertama yang dilakukan adalah instalasi Operating System (OS). Karena tanpa Operating System computer tidak akan bisa jalan.
Kemudian menginstal software-software pendukung recording. Missal Sonar, Cool Edit, dan software lain yang mungkin belum disebutkan dalam makalah ini.